Sabtu, 09 Mei 2009

Laporan Semiloka ICT Bandung

KATA PENGANTAR

بسم الله الرحمن الرحيم

ألسلا م عليكم ورحمة الله وبركا ته

Puji dan syukur kepada Allah SWT dan shalawat beserta salam buat arwah junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa umat manusia dari alam Jahiliyah ke alam Islamiyah yang disinari oleh cahaya Ilmu, Islam dan Iman, semoga tercurah kepada beliau, keluarga, sahabat dan pengikutnya yang setia sampai akhir zaman.

Atas keizinan dan hidayah dari Allah, alhamdulillah penulis telah dapat melaksanakan kegiatan Semiloka Pengembangan Model Pembelajaran PAI SMP” yang diorientasikan pada Pembelajaran PAI berbasis ICT yang dilaksanakan hari Senin sampai Rabu tanggal 23 – 25 Maret 2009 yang bertempat di Hotel Endah Parahyangan Jln. Raya Cibeureum Kota Bandung Jawa Barat. Diklat ini berdasarkan surat Undangan Peserta Dari Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Nomor. DT.I.II/PP.00.3/88/2009 tanggal 12 Maret 2009

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kinerja guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam di sekolah umum (SMP) sehingga mereka dapat menjadi guru yang mampu membangkitkan gairah peserta didik dalam menimba ilmu yang berhubungan dengan keagamaan. Dalam era globalisasi sekarang ini diharapkan guru tidak lagi menerapkan pembelajaran yang konvensional, melainkan harus memiliki dan mampu menerapkan berbagai metode dan model serta strategi yang lebih menarik, Inovatif dan menyenangkan yang lebih dikenal dengan nama Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) serta dapat melaksanakan pola pembelajaran yang berbasis Teknologi Informasi (IT). Dalam era Teknologi informasi dan komunikasi saat ini diharapkan guru dapat menerapkan ICT dalam pembelajaran PAI.

Selanjutkan Penulis mengucapkan terima kasih kepada:

1. Bapak Direktur Pendidikan Agama Islam pada Sekolah

2. Bapak Kepala Kanwil Departemen Agama Propinsi Sumatera Barat

3. Bapak Kabag Mapenda Kanwil Departemen Agama Propinsi Sumatera Barat

4. Bapak Kepala Kantor Departemen Agama Kota Padang

5. Bapak Kasi Mapenda Kandepag Kota Padang

6. Bapak/Ibu Unit Kepegawaian dan Tata Usaha Kandepag Kota Padang

7. Bapak/Ibu Panitia Semiloka

8. Bapak Kepala SMP Negeri 24 Padang

9. Rekan-rekan peserta semiloka

10. Seluruh komponen dan unsur yang telah memberi dorongan dan motivasi kepada penulis.

Penulis menyadari masih banyak yang harus dilakukan untuk menjalankan tugas yang diberikan sebagai guru Agama, semoga dengan adanya kegiatan ini membawa dampak yang positif dan memotivasi penulis untuk lebih banyak berkreasi ke depan.

Semoga laporan singkat ini bermanfaat bagi yang berkepentingan. Atas kekurangan dan kekhilafan penulis mohon maaf dan kepada Allah kita minta ampun.

وألسلا م عليكم ورحمة الله وبركا ته

Padang, April 2009

Penulis,

Hendrayadi, S.Pd.I

NIP. 150363473

LAPORAN KEGIATAN

SEMILOKA PENGEMBANGAN

MODEL PEMBELAJARAN PAI SMP BERBASIS ICT

A. Pendahuluan

Salah satu fungsi penting dari kehadiran Departemen Agama adalah melakukan pelayanan, bimbingan dan pembinaan di bidang agama agar tingkat keberagamaan masyarakat Indonesia semakin berkaulitas, tetap selaras dengan cita-cita bangsa, yang tertuang dalam UUD 1945. Di antara instrumen utama untuk melakukan pelayanan, bimbingan dan pembinaan di bidang agama melalui pendidikan agama pada semua jalur dan jenjang pendidikan. Melalui pendidikan agama tersebut diharapkan para peserta didik dapat memperoleh pengetahuan dan penghayatan agama yang selanjutnya juga mampu mengamalkan nilai-nilai agama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah (DITPAIS) adalah \unit teknis pelaksana Pendidikan Agama Islam di lingkungan Departemen Agama yang baru lahir tahun 2006 melalui Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 3 tahun 2006. Unit teknis ini dilahirkan dalam rangka upaya merespon adanya berbagai kritik terhadap kurang maksimalnya perhatian Departemen Agama terhadap Pendidikan Agama Islam pada sekolah umum.

Salah satu kebijakan pendidikan agama dan keagamaan pada Departemen Agama adalah peningkatan profesionalitas dan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan agama dan keagamaan. Hal inidicantumkan dalam bagian dari komponen program dan kegiatan DITPAIS itu pada bagian kedua yaitu peningkatan kualitas tenagapendidik dan kependidikan dengan cara:

a. Peningkatan kualifikasi guru PAI

b. Sertifikasi guru PAI

c. Peningkatan kompetensi guru PAI

d. Keterampilan penggunaan Teknonologi Informasi guru PAI

e. Peningkatan mutu pengawas PAI

f. Pendataan/mapping potensi guru dan pengawas PAI

g. Pengembangan data base guru dan pengawas PAI

h. Penghargaan/motivasi guru dan pengawas PAI

i. Pendampingan rekruitmen guru dan pengawas PAI

Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menjalankan tugas yang diberikan Negara kepada mereka, perlu diadakan penyegaran, pembekalan dan peningkatan wawasan terutama sekali yang berkaitan dengan metode, materi, strategi dan hal-hal yang berkaitan dengan tugas seorang guru. Dalam perkembangan dewasa ini seorang guru diharapakan mampu menjadi guru yang profesional dan memiliki kompetensi yang terdiri dari; Kompetensi Paedagogik, Kompetensi Profesionalistik, Kompetensi Individualistik dan Kompetensi Personalistik.

Suatu impian dan dambaan bagi Guru dan Dosen dengan terbitnya Undang-undang tentang Guru/Dosen dimana Pemerintah saat ini tengah memberikan perhatian yang serius bagaimana meningkatkan kesejahteraan guru dan dosen di Indonesia sebagai ujung tombak dalam kemajuan pembangunan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia untuk dapat memanfaatkan Sumber Daya Alam sebaik mungkin. Namun di sisi lain kita juga prihatin dengan kurangnya tanggung jawab guru dalam melaksakanan tugasnya. Oleh karena itu diharapkan ke depan guru lebih konsentrasi dengan tugasnya dan tidak lagi memikirkan usaha sampingan untuk mencukupi kebutuhan seharí-hari karena gajinya masih di bawah stándar kebutuhan keluarganya.

B. Landasan Kegiatan

Adapun landasan kegiatan ini ádalah:

a. Undang-uandang No. 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS

b. Surat Direktur Pendidikan agama Islam pada Sekolah Nomor: DT.I.II/PP.00.3/88/2009 tanggal 12 Maret 2009 tentang undangan peserta Semiloka Pengembangan Model Pembelajaran PAI SMP

c. Surat Tugas dari Bapak Kabid Mapenda Islam Atas nama Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Sumatera Barat Nomor: Kw.03.4/2/Kp.02.3/333/2009 tanggal 19 Maret 2009

C. Tujuan Kegiatan

Kegiatan ini bertujuan untuk:

a. Meningkatkan kompetensi pendidik dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar

b. Peningkatan kualitas guru dalam memamfaatkan ICT dalam pembelajaran PAI

c. Menciptakan guru profesional berbasis ICT

d. Melakukan Sharing (berbagi penagalaman) sesama guru yang memiliki latar belakang yang berbeda

e. Menambah wawasan dan khazanah ilmu pengetahuan dalam bidang keagamaan

f. Mewujudkan guru yang profesional

g. Mengevaluasi diri

D. Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari (Senin – Rabu) tanggal 23 sampai 25 Maret 2009 yang bertempat di Hotel Endah Parahyangan Jalan. Raya Cibeureum Kota Bandung Jawa Barat

E. Peserta Kegiatan

Peserta Diklat terdiri dari Guru-guru Pendidikan Agama Islam SMP yang berasal dari utusan masing-masing 33 Propinsi se-Indonesia. (Nama-nama peserta semiloka terlampir)

F. Materi Kegiatan

Materi kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut itu seluruhnya berorientasi pada pemamfaatan ICT dan Perangakatnya. Secara garis besarnya materi tersebut adalah:

1. Pemamfaatan Internet sebagai sumber dan media pembelajaran PAI (Browsing, download data dan video)

2. Bekomunikasi dengan internet (Email, Millist, Private Web, Social Network)

3. Power Point

4. Video Editing

5. Desain Pembelajaran PAI berbasis ICT

6. Implementasi ICT dalam Pembelajaran PAI (Berdasarkan SK/KD)

7. Penugasan

G. Program Tindak Lanjut

Sebagai tindak lanjut dari program kegiatan ini maka masing-masing peserta diberikan rugas untuk mendesian pembelajaran berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar seluruh materi pembelajaran PAI kelas VII, VIII dan IX. Tugas tersebut dikumpulkan/dikirim ke panitia. (Tugas Masing-masing peserta sebagaimana terlampir).

H. Saran dan Harapan

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat perubahan disegala bidang disiplin ilmu. Diharapkan para guru dapat mengikuti perkembangan tersebut terutama sekali dalam menciptakan suasana pembelajaran yang terbaru dengan berbagai metode, strategi, pendekatan dan model yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Dengan adanya dibentuk suatu Direktorat Jendral Pendidikan Islam (Dirjen PAIS) yang menaungi atau mengayomi para guru agama di sekolah umum khususnya, diharapkan guru agama lebih diperhatikan lagi.Disamping itu kepada pihak yang berkompeten poenulis berharap agar memberikan perhatian kepada guru yang memiliki kualitas/prestasi di bidang ICT, Disamping itu juga agar diadakan pelatihan tentang materi yang berorientasi pada pembelajaran PAI berbasis ICT kepada guru-guru PAI di wilayah kerja masing-masing.

I. Penutup

Demikianlah laporan singkat tentang pelaksanaan Semiloka Pengembangan Model Pembelajaran PAI SMP ini penulis buat, atas segala perhatian semua pihak penulis ucapkan terima kasih, semoga ilmu yang didapat dapat diterapkan dalam melaksanakan tugas sebagaimana mestinya.

J. Lampiran

Lampiran terdiri dari :

1. Surat Undangan Peserta Semiloka

2. Surat Tugas

3. Nama-nama peserta Semiloka masing-masing propinsi

4. Jadwal kegiatan

5. Soal Pre Test

6. Materi Semoloka

7. Jadwal dan Daftar Tugas lanjutan

8. SK Terakhir

9. Sertifikat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar